Gagas Perkemahan Sehat Era Pandemi Jawa Timur, Kwarda Jatim Bakal Jadi Percontohan

Perkemahan Sehat Era Pandemi (PERSEMI) akan diselenggarakan oleh Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur pada 27 – 28 Maret 2021 mendatang, yang bertempat di City Forest and Farm Kabupaten Jember, lahan milik Kak H. Muhammad Arum Sabil, SP. yang menjabat sebagai Ketua Kwarda Jatim.

Suasana rapat koordinasi panitia di aula Buper City Forest and Farm Jember, dipimpin langsung oleh Ketua Kwarda Kak Arum Sabil mengenakan pakaian putih dan topi khasnya

Panitia kegiatan diantaranya Kak H. Muhammad Arum Sabil, SP, Prof. Dr. Suyatno, M.Pd., Bambang Suyanto, S.Sos., M.Si beserta tim yang terlibat, melaksanakan survey pada hari jumat 19/3/2021 di lokasi kegiatan untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam kegiatan tersebut.

Sebelum tinjau lapangan, Ketua Kwarda menjelaskan tentang City Forest and Farm Arum Sabil dan berbagai fasilitasnya. “Disini terdapat lahan untuk tempat berkemah, lapangan utama, aula pertemuan, MCK yang memadai, lahan pembibitan, lahan peternakan, masjid, sekolah, hingga arena outbound” terangnya saat sambutan pertemuan

Bumi perkemahan ini sudah sejak lama dipergunakan sebagai Pusat Edukasi Pendidikan Kepramukaan Khusus Pertanian dan Peternakan atau yang kita kenal dengan Saka Taruna Bumi. Apalagi setelah Kak Arum Sabil menjabat sebagai Ketua Kwartir Daerah, maka lahan ini kemudian dijadikan Bumi Perkemahan Pramuka Jawa Timur” imbuh Kak Arum yang juga tokoh di dunia pertanian.

Selanjutnya Kak Arum mengajak seluruh tim langsung untuk survey lokasi, dan menjelaskan fasilitas yang dimiliki City Forest, mulai dari tapak kemah, lapangan utama, area perkebunan dan peternakan menggunakan mobil jeep putih khas Ketua Kwarda ini.

Berkeliling lahan seluas 54 hektare ini dengan mobil jeep, dikemudikan oleh Kak Arum Sabil

Ketua Kwarda bertujuan untuk membuat model Perkemahan Sehat Era Pandemi yang dapat menjadi percontohan sehingga daoat diterapkan oleh Kwarcab dan Gugus Depan di Jawa Timur. Hal ini adalah semangat berbakti tanpa henti dalam memebina karakter kaum muda.

Kak Suyatno menyampaikan “survey ini dilaksanakan karena uji coba Perkemahan sehat Era Pandemi harus dikemas dengan menerapkan protokol kesehatan. Jika sebelumnya tenda regu untuk 8 orang, kali ini kita coba 1 tenda untuk 1 orang da berjarak 2 meter” ujarnya saat tinjau lapangan

Ketua Kwarda bersama panitia pelaksana Persemi, bahkan Ketua Kwarda terjun langsung untuk mengukur kavling perkemahan demi suksesnya kegiatan tersebut

Kak Arum menjelaskan “Terdapat pula area penamanan padi dikembangkan di tempat ini, yang siap diolah hingga diproduksi dan siap edar di masyarakat”.

Dalam kegiatan Perkemahan Sehat Era Pandemi, terdapat agenda Pencanangan Pramuka Bakti Ramadhan dan Pencanangan Pramuka produktif. “Pencanangan Pramuka Bakti Ramadhan dicanangkan pada 27 Maret 2021, dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan dan akan diikuti serentak se Jawa Timur yang melibatkan Kwarcab dan Gugus Depan dengan target bakti pembersihan 3.838 Masjid” Kata kak Suyatno.

Area peternakan kambing, yang juga menjadi salah satu area pencanangan Pramuka Produktif di kegiatan Persemi nantinya

Ketua Kwarda Jatim Kak Arum Sabil berharap kegiatan percontohan Perkemahan Sehat Era Pandemi ini dapat berjalan dengan baik, mekanismenya tepat untuk diterapkan di Kwarcab dan Kwarran,  dan Gugus Depan. Penerapan protokol kesehatan diantaranya mencuci tangan pakai sabun, memakai masker, dan menjaga jarak akan diterapkan pada kegiatan tersebut. “Harapan saya selanjutnya Pramuka Jawa Timur terus berbakti tanpa henti meski kondisi pandemi Covid masih berlangsung, pembinaan generasi muda harus terus berjalan” pungkasnya dengan nada semangat.

 

Surabaya, 19 Maret 2021

Humas Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur Jalan Raya Kertajaya Indah 77 A Surabaya, 60116 Telp. (031) 5924939, 5924940. Fax (031) 5947384

www.pramukarek.or.id

Email : kwardajatim@yahoo.co.id

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *