Jadi Percontohan, Kwarda Jatim Siap Gelar Perkemahan Sehat Era Pandemi

SURABAYA – Akhirnya konsep perkemahan new normal yang akan dilaksanakan Kwarda Jawa Timur memiliki nama unik, yaitu Perkemahan Sehat Era Pandemi. Perkemahan yang mengikuti aturan protokol kesehatan dengan ketat.

Perkemahan Sehat Era Pandemi ini akan diselenggarakan pada 27—28 Maret 2021 di Bumi Perkemahan City Forest and Farm Kabupaten Jember, lahan milik Ketua Kwarda Jatim Kak H. Muhammad Arum Sabil, S.P.

Dalam rapat pimpinan Kwarda Jatim bersama Ketua Kwarcab se-Jawa Timur, Selasa (23/03/2021), Kak Arum Sabil menegaskan, ini akan menjadi perkemahan yang pertama di Indonesia dan Asia. Ini bisa menjadi percontohan bagaimana perkemahan di era pandemi.

Peserta Rapat Pimpinan Kwarda bersama Ketua Kwarcab se Jatim

“Harapan saya, Pramuka Jawa Timur terus berbakti tanpa henti. Meski kondisi pandemi COVID-19 masih berlangsung, pembinaan generasi muda harus terus berjalan,” tegasnya.

Ketua Kwarda menjelaskan, lokasi City Forest and Farm Jember sangat strategis untuk kegiatan perkemahan. Lokasi itu memiliki luas lahan 54 hektar dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas.

Gambaran lahan Bumi Perkemahan City Forest and Farm Jember

“Terdapat lahan untuk berkemah, lapangan utama, aula pertemuan, MCK yang memadai, lahan pembibitan, lahan peternakan, masjid, sekolah, dan arena outbound,” terangnya dalam sambutan pertemuan itu.

Sebenarnya, bumi perkemahan itu sudah sejak lama digunakan sebagai Pusat Edukasi Pendidikan Kepramukaan Khusus Pertanian dan peternakan atau Saka Taruna Bumi. Lahannya yang tertutup oleh pagar membuat lokasi itu aman dari kerumunan warga sehingga cocok dilakukan penerapan protokol kesehatan.

Perkemahan Sehat Era Pandemi ini akan diikuti oleh 250 orang dari unsur pengurus Kwarda Jatim, sekretaris cabang, dan dewan kerja cabang se-Jawa Timur dengan konsep menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Peserta wajib menyertakan swab antigen negatif sebelum mengikuti kegiatan dan akan diterapkan mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, dan menjaga jarak.

Ilustrasi Kak Khofifah Indar Parawansa (tengah) Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur, waktu lounching kegiatan East Java Green Scout Innovation 2020 Bersama Kak Arum Sabil (kanan) dan Kak Ipul (kiri)

Perkemahan kali ini akan dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Timur selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur, Kak Khofifah Indar Parawansa. Karena kegiatan ini akan dijadikan percontohan kegiatan perkemahan di masa pandemi, isi kegiatannya tentang tutorial pelaksanaan berkemah dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Semoga kegiatan percontohan Perkemahan Sehat Era Pandemi ini dapat berjalan dengan baik. Mekanismenya tepat untuk diterapkan di kwarcab, kwarran, dan gugus depan. Protokol kesehatan seperti mencuci tangan pakai sabun, memakai masker, dan menjaga jarak akan diterapkan pada kegiatan tersebut,” pungkas Kak Arum Sabil.

 

Surabaya, 23 Maret 2021

Humas Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur

Jalan Raya Kertajaya Indah 77 A Surabaya, 60116

Telp. (031) 5924939, 5924940. Fax (031) 5947384

www.pramukarek.or.id

Email : kwardajatim@yahoo.co.id

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *