Kwarda Jawa Timur Berbakti Tanpa Henti

Berdasarkan Undang-undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, bahwa Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pendidikan Kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggungjawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan serta membangun dunia yang lebih baik. Pendidikan Kepramukaan dijalankan dengan menggunakan prinsip dasar dan metode kepramukaan. Salah satu metode kepramukaan yaitu sistem among dan kiasan dasar.

Pada hari Selasa, 16 Maret 2021 digelar Rapat Pimpinan Kwartir Daerah Jawa Timur. Hadir dalam rapat tersebut Kak H. Muhammad Arum Sabil, SP., Prof. Dr. Suyatno, M.Pd., Drs. H. AR Purmadi, Drs. H. Bambang SW, Endang Soelistyowati, S.Pd., S.ST., M.Kes., Bambang Suyanto, S.Sos, M.Si, Adie Kurniawan, SE, MM., Indawan Setyono Hadi, S.Pd., MM., Ahmad Fawwas Robi’ Pradana. Dalam suasana kekeluargaan, Kak Arum memimpin jalannya rapat Pimpinan tersebut.

Kak Arum menyampaikan “Saya menekankan dan menegaskan, mari bersama-sama kita menjaga marwah Gerakan Pramuka. Apa  marwah pramuka itu ? Pramuka itu identik dengan karakter  keteladanan dan kepeloporan. Keteladanan dalam hal pikiran, ucapan, dan sikap. Karena kegiatan kepramukaan harus tetap berjalan untuk pembinaan karakter kaum muda” ujarnya dalam forum rapat tersebut.

Baru-baru ini sempat berkembang isu yang menyebutkan bahwa terkait belum terbitnya SK Pengurus Kwarda Jatim, sehingga Kwarda Jatim dianggap akan melakukan gugatan secara hukum. Menanggapi hal tersebut, Kak Arum Sabil menyampaikan “selama ini saya sebagai Ketua Kwarda Jatim terpilih. Saya tegaskan bahwa marwah dan karakter Pramuka harus kita jaga. Kita melakukan gugatan secara hukum kepada Kwarnas, menurut saya itu tidak benar dan kita tidak pernah berpikir untuk menggungat dan mengambil tindakan-tindakan hukum terkait persoalan SK Kwarnas untuk Kwarda Jawa Timur.

Kak Arum sabil menyampaikan “Saya tegaskan lagi, Kwarda Jatim terus mengikuti program dan mengamankan program dari Kwarnas Gerakan Pramuka. Bahwa apapun kebijakan program skala prioritas, harus kita jalankan sesuai dengan amanah yang diberikan. Kita berusaha menjalankan dengan sebaik-baiknya dan akan selalu taat setia terhadap kwartir nasional”.

Kwarda Jawa Timur tetap menghormati apapun keputusan Kwartir Nasional. “Mari kita bersama-sama memberikan kesempatan kwarnas untuk mengambil satu tindakan-tindakan yang dengan berbagai pertimbangan, sehingga nanti SK Kepengurusan Kwarda Jatim dapat dikeluarkan. Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur tidak pernah berpikir untuk melakukan gugatan atau tuntutan hukum” ujar Kak Arum Sabil, yang juga tokoh di dunia pertanian.

“Jangankan membawa masalah ini ke ranah hukum, tidak pernah terbesit sama sekalipun untuk bertindak demikian. Dan apabila terdapat pihak yang membuat isu tersebut, hal itu adalah upaya untuk adu domba dan memecah belah organisasi. Kwarda Jatim merupakan bagian Pengelola Gerakan Pramuka, yang bergerak dalam membina karakter kaum muda dan memperkuat Kwartir Nasional” Tegas Kak Purmadi, Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Hukum.

“Yang paling penting dan perlu diketahui oleh semua pihak, bahwa keterlambatan Surat Keputusan Kwarnas antara lain kerjasama dengan pemerintah daerah akan terhambat, apalagi berkaitan dengan administrasi. ketertiban administrasi tentu akan berpengaruh terhadap jalannya organisasi Gerakan Pramuka” imbuh Kak Purmadi.

Kak Purmadi menambahkan “Dampak lain terhambatnya melaksanakan kegiatan-kegiatan mendesak, baik itu yang bersifat bencana Covid-19 dan kegiatan apa saja menjadi fokus utama Gerakan Pramuka, sementara terhenti. Padahal tema Rakernas kali ini sudah jelas-jelas dengan tema Berbakti Tanpa Henti. Kami  tentu ingin merealisasikan tema tersebut”.

“Implikasi yang lebih meluas adalah kwarcab-kwarcab di Jawa Timur yang baru saja Musyawarah Cabang yang kemudian harus segera diterbitkan SK Kepengurusan, menjadi tidak bisa menerbitkan SK tersebut. Bahkan beberapa kwarran yang juga menunggu SK kepengurusan baru, belum bisa diterbitkan oleh Kwarcab. Itulah sebabnya melalui kesempatan rilis ini Kwarda Jatim berharap ada kebijakan Kwartir Nasional. Semoga curahan pandangan ini dan sekaligus kondisi yang terjadi di lapangan menjadi bahan masukan Kwartir Nasional seperti yang kami harapkan” imbuh Kak Purmadi yang aktif sejak Pramuka Siaga ini.

Ketua Kwarda Jatim memberikan penekanan bahwa Gerakan Pramuka Jawa Timur harus selalu mengedepankan karakter keteladanan dan kepeloporan. Sebagai bentuk tanggungjawab dalam pendidikan karakter anggota Gerakan Pramuka, paling tidak ada 4 hal diantaranya : karakter mental spiritual, karakter perilaku dan wawasan kebangsan, skill atau keterampilan, dan peduli kepada lingkungan Nusantara.

Prinsip Ketua Kwarda Jawa Timur dijabarkan untuk mengarah kepada kemandirian sesuai dengan sikap sebagaimana layaknya anggota Gerakan Pramuka yang mengedepankan santun,  tidak mudah iri, tidak bersifat dengki dan sebagainya. Namun apabila menghadapi masalah, selalun mencari solusinya. Hal tersebut sebenarnya adalah prinsip yang diharapkan oleh ketua kwarda Jawa Timur, dalam menata masa bakti 5 tahun yang akan datang.

“Tema Rakernas Berbakti Tanpa Henti, menurut saya sangat luar biasa. Hal ini skan menjadi pegangan dan pijakan kita dalam menjalankan program-program dari Kwartir Nasional. Sebagai wujud nyata, kegiatan tersebut untuk mempersembahkan bakti kita kepada Republik Indonesia, yaitu dengan melakukan kegiatan yang produktif, inovatif, dan kreatif adalah wujud bakti kita yang tiada henti untuk terus berkarya” kata Ketua Kwarda.

Ketua Kwarda juga menyampaikan bukan hanya persoalan keteladanan, tapi juga kepeloporan. Kepeloporan di bidang Inovasi dan kemandirian, tentu fokus salah satunya karena kepeloporan tentang kehadiran Gerakan Pramuka dalam persoalan kemanusiaan, persoalan peradaban, dan persoalan lingkungan hidup. Pembahasan kemanusiaan bukan hanya tentang bencana alam, namun ada kemandirian ekonomi, peradaban, pendidikan, budaya.

Ketua Kwarda mengingatkan pentingnya untuk terus menjaga silaturahim dengan semua pihak, baik yang di atas, yang di bawah, maupun dengan jaringan kita sesama kwartir daerah se Indonesia.

Surabaya, 16 Maret 2021

Humas Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur

Jalan Raya Kertajaya Indah 77 A Surabaya, 60116

Telp. (031) 5924939, 5924940. Fax (031) 5947384

www.pramukarek.or.id 

Email : kwardajatim@yahoo.co.id

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *