Optimis! Peran Aktif Peserta dari Jawa Timur Di Rakernas 2021

SURABAYA – Rapat Kerja Nasional dilaksanakan secara daring pada 9 – 10 Maret 2021. Agenda hari ini (10/3/2021) sekaligus hari terakhir, diantaranya adalah Sidang Kelompok, Sidang Pleno 2, dan dilanjutkan dengan Penutupan.

Peserta dari Kwarda Jawa Timur adalah Kak H. Muhammad Arum Sabil, SP., Kak Drs. H. Bambang SW., Kak Drs. H. AR. Purmadi, Kak Endang Soelistyowati, S.Pd., S.ST., M.Kes., Kak Bambang Suyanto, S.Sos., M.Si., Kak Indawan Setyono Hadi, S.Pd,m MM., Kak Adie Kurniawan, SE., MM., dan Kak Ahmad Fawwas Robi’ Pradana.

Sidang dipimpin oleh Ketua Kwarnas Kak Budi Waseso, menyampaikan sejarah Gerakan Pramuka untuk mengingatkan seluruh peserta akan perjuangan para tokoh. Tak lupa ia mengingatkan tentang makna logo dan tema Hari Pramuka ke-60.

Ketua Kwarnas Kak Budi Waseso memberikan arahan saat Rakernas

Kak Buwas sapaan akrabnya, juga menambahkan kegiatan kepramukaan dapat dilaksanakan secara luring maupun daring, dengan memperhatikan protokol kesehatan. Selain itu, dia juga mengingatkan supaya Gerakan Pramuka tidak digunakan sebagai sarana politik praktis.  

Dia juga menjelaskan permasalahan Dewan Kerja Nasional sudah diselesaikan melalui rapat pleno DKN, untuk menentukan Ketua dan Wakil Ketua PAW, telah diterbitkan SK Kwarnas nomor 026 Tahun 2021 tentang Susunan Kepengurusan DKN Masa Bakti 2018-2023.

Kak AR. Purmadi dan Kak Bambang Suyanto mengikuti proses Sidang Kelompok 1

Pada Sidang kelompok 1, Kak Purmadi menyampaikan “Terima kasih karena adik-adik kami, Dewan Kerja Daerah Jawa Timur mendapat nominasi Tergiat dan Terinofatif selama Pandemi tahun 2020 Tingkat Nasional. Program utama di masa pandemi ini dapat kita teruskan dan kita lanjutkan dengan konsep dan inovasi untuk mempercepat selesainya wabah atau Pandemi Covid-19” ungkapnya dengan semangat.

Selanjutnya menanggapi tentang iuran kepada WOSM. Kak Purmadi berpendapat “iuran kepada WOSM, Kwarda Jatim mengusulkan untuk dilaksanakan rapat khusus untuk membahas permasalahan ini”.

Kak Bambang SW dan Endang Soelistyowati mengikuti Sidang Kelompok 2

Sedangkan Sidang Kelompok 2 Kegiatan anggota muda, yakni Jambore Nasional, Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara, dan Perkemahan Antar Satuan Karya Nasional. Berbagai masukan dari Kwartir Daerah menjadi pembahasan yang hangat di sidang kelompok ini.

Topik-topik hangat juga dibahas di Sidang Kelompok 3 tentang arah kebijakan kwarnas tentang peta jalan Pramuka Emas Indonesia. Menanggapi hal tersebut, Kak Indawan Setyono Hadi, S.Pd., MM. menyampaikan “Supaya roadmap dapat dijalankan dengan jelas, terutama yang berkaitan dengan penguatan Pusdiklat, karena disanalah dilahirkannya seorang Pembina Pramuka berkualitas”.

Kak Adie Kurniawan dan Kak Indawan Setyono Hadi mengikuti Sidang Kelompok 3

Selain pembinaan anggota dewasa, Kak Adie Kurniawan, SE., MM. menambahkan “Terkait data base anggota dan aset, dengan adanya rencana Kwarnas mengembangkan data base anggota, hal tersebut harus segera diwujudkan karena perkembangan teknologi informasi yang berkembang pesat  Gerakan Pramuka harus bisa mengikutinya, selain itu terkait aset harus dibuat panduan bagi kwartir agar aset dapat terdata dengan baik”.

Pada Sidang Kelompok 4, topik yang dibahas mengenai Kampung Pramuka seperti di Lebakharjo –  Jawa Timur dan apresiasi Peran Aksi Pramuka Peduli.

Kak Ahmad Fawwas Robi Pradana di Sidang Kelompok 4

Kak Ahmad Fawwas Robi’ Pradana perwakilan dari Kwarda Jatim mengusulkan beberapa hal dalam rapat komisi ini yakni pembuatan jukran Pelatihan Bela Negara dan manajemen resiko, Rebranding Gerakan Pramuka dan KTA Pramuka Nasional.

Hasil Sidang dari 4 Kelompok kemudian dirumuskan oleh Tim Perumus dan disampaikan dalam bentuk rekomendasi dan disampaikan kepada Kwartir Nasional.

Surabaya, 10 Maret 2021

Humas Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur

Jalan Raya Kertajaya Indah 77 A Surabaya, 60116

Telp. (031) 5924939, 5924940. Fax (031) 5947384

http://pramukarek.or.id

Email : kwardajatim@yahoo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *