PESAN “KAK H. M. ARUM SABIL, SP.” (KETUA KWARDA JATIM) HARI TUNAS SEBAGAI SEJARAH GERAKAN PRAMUKA

Keluarga Besar Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur mengucapkan Selamat Memperingati Hari Tunas Gerakan Pramuka yang jatuh setiap tanggal 9 Maret. Pada tanggal tersebut terdapat sejarah yang harus diingat oleh setiap anggota Gerakan Pramuka.

Peraturan yang timbul pada masa perintisan terbentuknya Gerakan Pramuka adalah Ketetapan MPRS Nomor II/MPRS/1960, tanggal 3 Desember 1960 tentang rencana pembangunan Nasional Semesta Berencana. Dalam ketetapan ini dapat ditemukan Pasal 330. C. yang menyatakan bahwa dasar pendidikan di bidang kepanduan adalah Pancasila. Seterusnya penertiban tentang kepanduan (Pasal 741) dan pendidikan kepanduan supaya diintensifkan dan menyetujui rencana Pemerintah untuk mendirikan Pramuka (Pasal 349 Ayat 30). Ketetapan itu memberi kewajiban agar Pemerintah melaksanakannya.

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur Terpilih, Kak H. Muhammad Arum Sabil, SP. menyampaikan, bahwa tanggal 9 Maret kita selalu diingatkan momentum bersejarah, yaitu Pidato Presiden /Mandataris MPRS Hari Kamis malam itulah dihadapan para tokoh dan pimpinan yang mewakili organisasi kepanduan yang terdapat di Indonesia di Istana Negara. Presiden Ir. H. Soekarno mengungkapkan bahwa kepanduan yang ada harus diperbaharui, metode dan aktivitas pendidikan harus diganti, seluruh organisasi kepanduan yang ada dilebur menjadi satu yang disebut Pramuka. Sejak saat itu, peristiwa ini kemudian disebut sebagai ”Hari Tunas Gerakan Pramuka”.

Momentum kedua yaitu diterbitkannya Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961, tanggal 20 Mei 1961, tentang Gerakan Pramuka yang menetapkan ”Gerakan Pramuka sebagai satu-satunya organisasi kepanduan yang ditugaskan menyelenggarakan pendidikan kepanduan bagi anak-anak dan pemuda Indonesia”, serta mengesahkan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka yang dijadikan pedoman, petunjuk dan pegangan bagi para pengelola Gerakan Pramuka dalam menjalankan tugasnya.

Dilanjutkan dengan Pelantikan Mabinas, Kwarnas dan Kwarnari di Istana Negara, diikuti defile Pramuka untuk diperkenalkan kepada masyarakat yang didahului dengan penganugerahan Panji-Panji Gerakan Pramuka, dan kesemuanya ini terjadi pada tanggal 14 Agustus 1961. Peristiwa ini kemudian disebut sebagai ”Hari Pramuka”.

“Saya mengajak seluruh anggota Gerakan Pramuka di Jawa Timur untuk meneruskan perjuangan para tokoh, sehingga organisasi kita dapat berjalan semakin maju seiring perkembangan zaman. Pendidikan karakter berlandaskan pancasila menjadi konsen utama Gerakan Pramuka, agar menjadi generasi emas di masa mendatang” kata Kak Arum Sabil, yang juga aktif di dunia pertanian.

Surabaya, 4 Maret 2021

Humas Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur

Jalan Raya Kertajaya Indah 77 A Surabaya, 60116

Telp. (031) 5924939, 5924940. Fax (031) 5947384

Email : kwardajatim@yahoo.co.id

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *