SIPA Kwarda Jawa Timur Dilirik Gerakan Pramuka Yogyakarta

Senin, 8 maret 2020 pukul 14.14 WIB. dilangsungkan studi banding secara daring via zoom meeting tentang SIPA (Sistem Pengelolaan Anggota Pramuka) Kwarda Jatim. Yang di hadiri oleh Kak Prof. Dr. Tina Afatin, M.Si., Psikolog, MD. Kapuslitbangda Kwarda D.I. Yogyakarta beserta tim yang berjumlah 20 orang. Sedangkan Sebagai perwakilan dari Kwarda Jawa Timur Kak Bambang Suyanto, S.Sos., M.Sos., Kak Adie Kurniawan SE., MM., Kak Endramawan dan Mas’ul Hadi S.Psi.

Dalam sambutannya Kak Bambang Suyanto Sekretaris Kwarda Jawa Timur menyampaikan, “Terima kasih atas kepercayaan Kwarda DIY dalam belajar dan berdiskusi tentang sistem pengelolaan data anggota pramuka. Kwarda Jatim sendiri masih berupaya untuk menyempurnakan SIPA untuk menjadi sebuah bank data pramuka dengan menampilkan beberapa fitur yang update dan realtime.”

Topik diskusi semakin menarik dengan tema pembahasan yang disampaikan oleh  Kak Tina Afatin perwakilan dari Kwarda DI Yogyakarta, diantaranya : (a) Bagaimana proses membangun SIPA, khususnya dalam penyiapan SDM, infrastruktur,dan pembiayaannya? (b) Bagaimana tahapan-tahapan penyusunan dan implementasi SIPA? (c) Bagaimana menentukan prioritas dalam pembuatan fitur-fitur dalam SIPA? (d) Bagaimana strategi optimalisasi pemanfaatan SIPA? (e) Apa saja kendala dan tantangan dalam proses penyusunan dan implementasi SIPA dan strategi mengatasinya?

Menjawab pertanyaan diatas, Perwakilan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka menyampaikan “SIPA di Kwarda Jawa Timur ini telah lama sekali dirancang, sudah 2 periode dan memasuki 3 periode kwarda saat ini. Selama 1 periode tim kwarda telah mendiskusikan dan merancang seperti apa pengelolaan anggota yang bisa dilakukan secara online dengan data yang terupdate dan valid” ungkap Kak Endramawan.

Kak Masul Hadi menambahkan “Pada tahun 2016 SIPA mulai dilounching dengan tujuan utama pada saat itu masih data dasar anggota yang langsung menyentuh ke data nama anggota dan alamat peserta didik, sehingga data SIPA tidak hanya sekedar jumlah. Sejak saat itu, sampai dengan tahun 2021 ini, Kwarda jawa timur selalu mengagendakan pengembangan SIPA untuk memenuhi kebutuhan data di Gerakan Pramuka Jawa Timur, mulai kenaikan tingkat, pindah golongan dan mutasi anggota .

“Kwarda Jatim selalu memberikan berbagai bantuan kepada Kwartir Cabang setiap tahun untuk implementasi SIPA, diantaranya akses internet, printer, scaner barsode, alat cetak KTA yang diberikan secara bertahap, agar SIPA berjalan secara optimal, pungkas Kak Adie Kurniawan.

Kak Endramawan andalan kwarda jatim menyampaikan “Setiap kegiatan yang dilaksanakan mulai Gugus Depan, Kwartir Ranting, Kwartir Cabang hingga Kwartir Daerah harus berintegrasi dengan KTA SIPA. Karena riwayat kegiatan anggota pramuka dapat direkam secara otomatis dengan cara memasukkan nomor KTA pada sistem pada SIPA ini”.

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur Kak H. Muhammad Arum Sabil, SP. menyampaikan “saya mengapresiasi dan suka cita, karena Kwarda Daerah Istimewa Yogyakarya berkenan belajar bersama. Kegiatan ini dalam upaya membangun silaturahim dan sinergitas antar kwartir untuk tujuan mulia Gerakan Pramuka. Kami siap untuk dijadikan sebagai sarana belajar bagi Kwartir Daerah yang lain, apabila ingin belajar bersama mengenai program SIPA”

Surabaya, 8 Maret 2021

Humas Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur

Jalan Raya Kertajaya Indah 77 A Surabaya, 60116

Telp. (031) 5924939, 5924940. Fax (031) 5947384

http://pramukarek.or.id

Email : kwardajatim@yahoo.co.id

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *