Bakti Tanpa Henti ! Kwarcab Pamekasan Bantu Korban Banjir Bandang NTT

Sejak mendengar kabar adanya Banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi di Nusa Tenggara Timur (NTT), dan menelan banyak korban jiwa, Unit Suplai Brigade Penolong 13.28 Kwartir Cabang Pamekasan pun segera melakukan penggalangan dana dan membuka open donasi dimulai dari tanggal 5 – 12 April 2021.

Truk pengangkut barang bantuan kepada korban bencana banjir bandang NTT

Penggalangan selama 7 hari tersebut, dilakukan oleh anggota Brigade Penolong 13.28 dari Siang, sore maupun malam hari. Aksi Bumbung Kemanusiaan ini dilaksanakan di beberapa titik persimpangan jalan yang ada di Pamekasan.

Aksi Bumbung Kemanusiaan oleh anggota Brigade Penolong 13.28 Kwarcab Pamekasan, dengan rompi khas warna orange

Berkat usaha bersama, dana pun terkumpul sebanyak Rp 10.370.800. Hasil penggalangan tersebut  dibelikan sembako berupa 60 kardus mie instan, 40 karung beras (5 kg) dan minyak goreng sebanyak 10 kardus.

Penyerahan bantuan ini dilakukan oleh unit Suplai Brigade Penolong 13.28 Kwarcab Pamekasan dan dibantu unit lain, yang disampaikan kepada Pos Kemanusiaan LANTAMAL V pada hari Kamis, 15 April 2021.

Proses penyerahan bantuan paket sembako oleh Brigade Penolong 13.28 Kwarcab Pamekasan kepada Pos Lantamal V

Karena sudah 2 kali Brigade Penolong 13.28 Kwarcab Pamekasan melakukan pendistribusian sembako di LANTAMAL V, maka BP 13.28 diminta untuk bergabung saat apel pelepasan KRI Tanjung Tambani 971, oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Apel tersebut hadiri oleh Pangdam V Brawijaya, Kapolda Jatim, Kepala BPBD Jatim, dan beberapa perwakilan donatur.

Apel pelepasan KRI Tanjung Tambani 971, oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Dijelaskan oleh Kak Rahmat Kurniadi Suroso S.Sos, M.Si selaku ketua Brigade Penolong 13.28 Kwarcab Pamekasan, bahwa BP 13.28 amat prihatin dengan bencana yang menimpa warga di NTT, dan sebagai kepedulian antar sesama, anggota Brigade Penolong langsung bergerak cepat untuk melakukan penggalangan dana, agar dapat membantu korban banjir dan tanah Longsor di NTT secepatnya.

Tim solid anggota Brigade Penolong 13.28 Kwarcab Pamekasan usai menyerahkan bantuan

“Penyaluran bantuan ini merupakan wujud kepedulian antar sesama, apalagi seorang Pramuka, yang harus mengamalkan Darma Pramuka yaitu “Rela menolong dan Tabah”. Karena kami amat prihatin dengan bencana yang menimpa warga di NTT, hingga membuat mereka mengungsi,” kata Kak Rahmat dalam keterangannya, Kamis (15/4/2021).

Anggota Brigade Penolong 13.28 Kwarcab Pamekasan di dalam Kapal KRI Tanjung Tambani 971

Ia pun berharap semua bantuan barang yang diberikan bisa bermanfaat dan membantu meringankan beban warga NTT yang terkena musibah tersebut.

“Meski kami tidak bisa langsung ke NTT, tapi kami berharap bantuan bisa bermanfaat bagi korban bencana di NTT dan NTB dan kondisi bisa cepat pulih kembali” tutup Kak Rahmat

Tampak sigap, anggota Brigade Penolong 13.28 Kwarcab Pamekasan menjadi bagian apel pelepasan bantuan ke NTT

Pewarta : Tulus Faizal Aziz BP 13.28 Kwarcab Pamekasan

Editor : Achmat Maskurochman, S.Pd., MM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *