Kota Malang adakan Perkemahan Sehat Era Pandemi Pertama Tingkat Kwarcab

Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Malang kembali luncurkan kegiatan inspiratif di masa pandemi. Adalah PERSEMI, Perkemahan Sehat Era Pandemi Tingkat Kwarcab Kota Malang yang diikuti 160 orang. Terdiri dari unsur andalan dan dewan kerja ranting dan cabang se-Kota Malang.

Mengadopsi Perkemahan Sehat Era Pandemi yang dilaksanakan Kwarda Jatim beberapa waktu lalu di Jember, Persemi Kota Malang yang diselenggarakan selama 2 hari pada Sabtu-Minggu, 10-11 April 2021 di Kompleks Pusdiklatcab Kota Malang ini, juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam pelaksanaannya.

Tampak bentuk tapak kemah, dengan penerapan 1 tenda 1 peserta, menggunakan tenda dome

Acara dibuka secara langsung oleh Kak Dr. dr. Asih Tri Rachmi, MM. Pejabat Staf Ahli Bidang Pembangunan, Kesra dan SDM Pemkot Malang, mewakili Walikota Malang selaku Kamabicab.

Dalam sambutannya, Kak Asih menyampaikan apresiasi kegiatan tersebut. “selamat kepada Kwarcab Kota Malang, yang berhasil mencetuskan suatu kegiatan untuk generasi muda di masa pandemi ini, dengan menerapkan kebiasaan normal baru” ungkapnya.

Sambutan Kak Asih saat membuka kegiatan PERSEMI Kwarcab Kota Malang

“Kegiatan Pramuka berfungsi sebagai bagian dari pendidikan karakter bagi generasi muda dan hal ini terwujud ditengah masa pandemi, dengan menerapkan protokol kesehatan”, tambahnya dalam sambutan upacara.

Anggota Komisi D DPRD Kota Malang Kak Rahmat yang juga turut hadir dan memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya terhadap Kwarcab Kota Malang yang berhasil menyelenggarakan kegiatan ini dengan baik.

Kak Rahmat anggota Komisi D DPRD Kota Malang menyampaikan sambutan saat upacara pembukaan

“Kesuksesan penyelenggaraan acara ini, semakin membuktikan bahwa Kwarcab Kota Malang adalah organisasi pendidikan yang solid dan terpercaya. Kita bantu kawal Pramuka untuk terus eksis di Kota Malang”, imbuhnya sembari mengacungkan jempol untuk seluruh pengurus Kwarcab Kota Malang.

Usai upacara pembukaan, Kak Asih, Kak Rahmat dan beberapa tamu undangan lainnya yang tampak hadir diantaranya perwakilan dari Disporapar, Dinas Kesehatan dan Polresta Malang berkeliling di sekitar bumi perkemahan untuk menyaksikan secara langsung bagaimana penerapan protokol kesehatan dalam berkemah ala Pramuka.

Diantaranya pemanfaatan fasilitas cuci tangan, pintu semprot disinfektan, pemeriksaan suhu tubuh bagi setiap pengunjung dan peserta, sistem 1 tenda 1 peserta, dan pemberlakuan jaga jarak antar peserta saat kegiatan.

Ketua Kwartir Cabang Kota Malang, Kak Heri Sunarko, saat diwawancarai Tim Jurnalis Kwarda Jatim, menyampaikan bahwa, insyaAllah kegiatan Perkemahan Sehat ini merupakan yang pertama di Kwarda Jatim yang diselenggarakan setingkat Kwarcab.

Kak Heri Sunarko Ketua Kwarcab Kota Malang

“Kwarda Jatim telah memberikan kami motivasi dan contoh yang baik, kami pelajari, rencanakan, koordinasikan dan kami terapkan di Kota Malang”, ujarnya.

Semoga Persemi ini dapat memotivasi Pramuka Kota Malang dan juga menunjukkan kepada warga masyarakat bahwa Pramuka dapat terus berkarya di era pandemi ini, tentunya dengan menerapkan kebiasaan normal baru dan protokol kesehatan,imbuhnya.

Sementara itu, Koordinator Kegiatan Persemi, Kak Juli Arifianto saat ditemui Tim Jurnalis menyampaikan ada beberapa rangkaian acara dalam kegiatan ini diantaranya lomba battle cooking, lomba tapak tenda, lomba pendirian pagupon (rumah burung dara), dan lomba yel-yel.

Disamping itu kegiatan juga terdapat acara Karang Pamitran Pembina Pramuka, yang menghadirkan narasumber Kak Yatno, Waka Kwarnas Bidang Pembinaan Anggota Dewasa, yang juga menjabat sebagai Ketua Harian Kwarda Jatim. Nampak para peserta sangat antusias dan semangat dengan materi baru yang dibawakan.

Di akhir penutupan kegiatan, Kwartir Ranting Sukun keluar sebagai juara umum kegiatan yang juga dikemas sebagai Lomba Kwarran Unggul ini.

Penulis : Rahmadani Tim Jurnalis Kwarda Jatim, Waka Pusinfo Kwarcab Kota Malang

Editor : Achmat Maskurochman, S.Pd., MM.

 

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *