Racana Pangkalan Universitas Panca Marga (UPM) Probolinggo Kunjungi Dapur Majalah Genderang Kwarda Jatim.

Bertepatan dengan hari Kamis tanggal 8 April 2021, beberapa Pengurus Dewan Racana Ahmad Yani – Dewi Sartika Gugusdepan Probolinggo 14061-14062 Pangkalan Universitas Panca Marga Probolinggo, yang dipimpin oleh Ketua Dewan Racana Kak Fiana Agustin mengunjungi Redaksi Majalah Genderang Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur.

Kami diterima oleh Staf Humas Kwarda Jatim Kak Armynila dan Kak Rochman. Diskusi pun perihal media Kwarda Jawa Timur terus berlanjut. Berbagai media dijelaskan, dan kami tertarik pada Majalah Genderang yang terbit 3 bulan sekali.

Agenda kunjungan ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses berita dapat termuat di Majalah Genderang. Salah satu Staf Kwarda Jatim, Kak Achmat Maskurochman menjelaskan tahapan bagaimana sebuah karya dapat dimuat dalam Majalah Genderang Kwarda Jatim.

“Rekan-rekan sudah saatnya Gerakan Pramuka kaya dengan literasi. Maka Kakak bisa mengirimkan berita kegiatan di gugus depan, feature disertai dengan foto yang representatif. Dikirim ke email kami” ujarnya saat pertemuan.

Kak Rochman panggilan akrabnya, menambahkan tidak semua artikel yang dikirimkan bisa dimuat. Jika artikel lolos seleksi dari redaktur, maka masuk majalah Genderang, namun jika tidak lolos, akan masuk website.

“Jumlah berita yang dapat dimuat dalam Majalah Genderang sangat terbatas, karena memuat sekitar 40 halaman setiap penerbitan. Maka kami memberikan ruang karya Kakak dapat termuat di website Kwarda Jatim www.pramukarek.or.id” imbuhnya

Mengakhiri kunjungan, setiap peserta mendapatkan 1 malajah sebagai kenang-kenangan, dan untuk memotivasi peserta kunjungan gemar menulis, tentunya yang berkaitan dengan kegiatan yang ada di gugus depan.

Meskipun tidak lama pengurus ada di dapur Majalah Genderang Kwarda Jatim, tetapi kami bangga dapat berkunjung dan mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat dan pengalaman tersendiri.

Penulis : Fiana Agustin Racana UPM Probolinggo

Editor : Achmat Maskurochman, S.Pd., MM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *