Distribusikan Zakat Beras 2,5 ton, Wujud Bakti Tanpa Henti Pramuka UIN KHAS Jember

Jember  Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, orang muslim di seluruh dunia berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan. Mereka melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi diri mereka dan tentunya bagi masyarakat.

Sebagai wujud Berbakti Tanpa Henti, anggota Pramuka Universitas Islam Negeri (UIN) KH. Achmad Shiddiq Jember, juga turut mengambil peran mengabdi kepada masyarakat dalam kegiatan “Program Zakat 2,5 Ton” yang dilaksanakan di Desa Glagah Wero Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember pada Kamis (6/5/2021).

Sekitar 70 panitia sebagai pelaksana kegiatan bermanfaat ini. Yang terdiri dari anggota pramuka, purnabhakti dan Majelis Gugus Depan Pramuka UIN KHAS Jember, yang berkontribusi langsung demi suksesnya kegiatan ini. Upaya menanamkan karakter semangat berbagi di penghujung bulan Ramadhan adalah tujuan dari kegiatan ini.

Penyerahan secara simbolis Zakat Beras 2,5 Ton dari Pramuka UIN KHAS Jember kepada Kepala Desa Glagah Wero

Program ini diperuntukkan bagi masyarakat yang membutuhkan, dengan jumlah total sebesar 2,5 ton beras zakat, yang diberikan kepada 800 masyarakat penerima manfaat. Zakat beras disalurkan di empat dusun, yakni dusun Krajan I dan Krajan II, dusun Prasehan I dan Prasehan II.

Dr. H. Sukarno, M.Si ketua gugus depan menuturkan “Zakat merupakan kewajiban sebagai seorang muslim, dan hal ini menyadarkan kita bahwa perintah agama harus dilaksanakan”

Dia menyebutkan bahwa zakat fitrah adalah sarana pembelajaran masyarakat khususnya umat islam.

“Zakat fitrah adalah kewajiban bagi seorang muslim. Oleh karena itu, kegiatan ini menjadi pembelajaran kepada banyak pihak. Untuk adik-adik agar kedepan juga bisa mengeluarkan zakat fitrah, dan bagi masyarakat yang punya kemampuan agar mengeluarkan zakat fitrah” Pungkasnya.

Penyerahan Zakat Beras kepada masyarakat Desa Glagah Wero

Kegiatan ini merupakan wujud bakti tanpa henti, program serupa juga sering dilaksanakan oleh Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur untuk masyarakat Jawa Timur. Sebagai organisasi gerakan pramuka, Gugus depan pangkalan UIN KHAS Jember mengaplikasikan program bakti masyarakat.

Warga pun sangat antusias dengan diadakannya kegiatan ini, salah satu warga bernama bu Revan menyampaikan “kegiatan ini sangat membantu sekali dan semoga mendapatkan keberkahan bagi semuanya”

Bu Revan salah satu penerima zakat beras, mengaku senang dengan pelaksanaan program tersebut

Kepala Desa Glagah Wero, Didik Supriyadi menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan bermanfaat ini

“Saya mewakili masyarakat atas kegiatan ini kami sangat bergembira dan berterimakasih, atas pendistribusian zakat fitrah yang diadakan oleh adik-adik pramuka UIN KHAS Jember, harapannya untuk tahun-tahun berikutnya lebih giat lagi” ujarnya.

Jember, 8 Mei 2021

Humas Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur

Jalan Raya Kertajaya Indah 77 A Surabaya, 60116

Telp. (031) 5924939, 5924940. Fax (031) 5947384

Email : kwardajatim@yahoo.co.id

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *