Pramuka Peduli Kwarcab Kota Malang Kembali Lakukan Aksi Untuk Daerah Terdampak Gempa

Sebanyak 80 anggota Pramuka yang ikut serta dalam kegiatan Aksi Kemanusiaan

Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Malang kembali menunjukkan kepeduliannya kepada korban bencana gempa bumi di wilayah Malang selatan. Aksi Pramuka Peduli Kwarcab Kota Malang tahap ketiga ini dilaksanakan pada Sabtu-Minggu, 12-13 Juni 2021. Sebanyak 80 anggota Pramuka yang terdiri atas unsur Andalan Kwarcab, Andalan Ranting, Dewan Kerja, Brigade Penolong, dan Perwakilan Pandega dari Gudep Perti se-Kota Malang ikut terlibat.

Pelaksanaan aksi kemanusiaan ini diawali denganpenggalangan dana bantuan oleh panitia kegiatan yang dikomandoi oleh Waka Kwarcab Bid. Abdimas Humas Belanegara Kak Yuli Arifianto. Penggalangan dana dilakukan melalui kerja sama dengan harian New Malang Pos, Ikatan Wanita Bank Indonesia (IWABA) Cabang Malang, dan melalui konser musik di perempatan jalan oleh pengurus Kwarcab Kota Malang dan pengurus kwarran. Donasi sebesar 20 juta rupiah lebih pun terkumpul.

 

 

“Donasi tersebut akan disalurkan untuk perbaikan fasilitas ibadah, sekolah, dan rumah warga yang rusak akibat bencana gempa bumi,” ujar Ketua Kwarcab Kota Malang Kak Heri Sunarko saat diwawancarai tim Jurnalis Kwarda Jatim.

Kak Heri Sunarko bertopi hitam, Ketua Kwarcab Kota Malang
Penyemprotan disinfektan sebagai bagian dari agenda Aksi Pramuka

Selain aksi sosial berupa perbaikan fasilitas publik dan rumah warga, tim Pramuka Peduli Kwarcab Kota Malang juga melakukan kegiatan tambahan di antaranya pemberian bantuan dan edukasi penggunaan masker sebagai bagian dari protokol kesehatan, penyemprotan disinfektan, dan hiburan ringan dalam bentuk pementasan kemah sehat era pandemi.

Untuk tahap ketiga ini, lokasi pelaksanaan aksi Pramuka peduli dipusatkan di Desa Majang Tengah Kec. Dampit dan Desa Klepu Kec. Sumbermanjing Wetan Kab. Malang. Sebelumnya, Kwarcab Kota Malang juga telah melakukan aksi serupa sebanyak dua tahap, yaitu tahap pertama menerjunkan personil Brigade Penolong sesaat setelah bencana terjadi dan tahap kedua dilaksanakan di Desa Pramuka Lebakharjo, Kec. Ampelgading, Kab. Malang.

Aksi tahap ketiga ini dilepas secara langsung oleh Kak Abdul Malik, Ketua Dewan Kehormatan sekaligus anggota Mabicab Kota Malang yang mewakili Wali Kota Malang selaku Kamabicab yang berhalangan hadir. Dalam sambutannya, Inspektur Pemerintah Kota Malang itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kwarcab Kota Malang yang menjadi pioneer Gerakan Pramuka setingkat Kwarcab dalam mewujudkan aksi kemanusiaan. “Semoga sedikit yang bisa berikan akan membawa banyak manfaat bagi yang membutuhkan,” imbuhnya.

Kak Abdul Malik juga berpesan kepada seluruh anggota aksi untuk tetap mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi ini. “Berangkat aksi selamat dan sehat, kembali dari aksi tetap selamat dan sehat,” pungkasnya di akhir sambutan di Halaman Mini Block Office Balai Kota Malang itu.

Dalam kesempatan pelepasan itu, turut hadir Sekretaris Komisi D DPRD Kota Malang Kak Rochmat, Dirut New Malang Post H. Sudarno, Sekred New Malang Pos Muhaimin, dan Camat se-Kota Malang selaku Kamabiran.

 

Penulis Rahmadani
Jurnalis Kwarda Jatim – Pusinfo Kwarcab Kota Malang

admin

Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pendidikan Kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggungjawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan serta membangun dunia yang lebih baik. Pendidikan Kepramukaan dijalankan dengan menggunakan prinsip dasar dan metode kepramukaan. Salah satu metode kepramukaan yaitu sistem among dan kiasan dasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *