1.000 Vaksin Kwarcab Kota Malang, Sukseskan 60.000 Vaksinasi Kwarda Jatim

Kota Malang – Berbakti Tanpa Henti, sejalan dengan tema nasional peringatan Hari Pramuka ke-60 Tahun 2021 tersebut, Minggu, 15 Agustus 2021, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Malang menyelenggarakan kegiatan Vaksinasi Covid-19 untuk 1.000 Pramuka Kota Malang. Bertempat di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklatcab) Pramuka Kota Malang, kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara Bulan Bakti Pramuka di Kwarcab Kota Malang serta Program Vaksinasi 60.000 Pramuka Kwartir Daerah Jawa Timur.

Proses screening kesehatan oleh petugas vaksinasi, didampingi oleh anggota pramuka Kwarcab Kota Malang

Guna mensukseskan acara vaksinasi, Kwarcab membentuk kepanitiaan gabungan yang terdiri dari unsur pengurus (andalan) cabang, dewan kerja, korps pelatih, Brigade Penolong 1332 dan pengurus kwartir ranting masing-masing kecamatan, anggota saka bhakti husada, saka kencana, saka bhayangkara, saka wirakartika dan saka bahari.

Disamping itu, Kwarcab juga menjalin kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Malang serta Denkesyah TNI AD guna penyediaan tenaga kesehatan (nakes) yang akan menjadi vaksinator dan pemeriksa kondisi kesehatan peserta vaksin. Sedangkan dari segi infrastruktur data vaksinasi, Kwarcab menggandeng Dinas Kominfo Kota Malang guna ketersediaan jaringan internet untuk keperluan entry data peserta dalam sistem vaksinasi Kementerian Kesehatan RI. Untuk urusan keamanan, ada bantuan dari TNI dan Polri. Total ada ± 175 personil yang terlibat dalam acara ini baik dari unsur pramuka maupun pihak terkait.

Antiran peserta vaksin tertib dan menjaga jarak dengan protokol kesehatan yang ketat

Peserta vaksinasi merupakan anggota Pramuka, keluarga anggota Pramuka dan masyarakat yang pernah ikut Pramuka dengan jumlah target 1.000 peserta. Koordinator Panitia kegiatan, Kak Djuli Arifianto, yang juga merupakan Waka Kwarcab Bidang Abdimas Humas saat ditemui oleh Tim Pusinfo Kwarcab menyampaikan bahwa guna mengantisipasi adanya kerumunan massa, panitia telah melakukan pendataan dan penjadwalan kepada seluruh peserta vaksinasi beberapa hari sebelum pelaksanaan kegiatan.

Antrian peserta vaksinasi, dengan menggunakan hasduk dilaksanakan protokol kesehatan ketat

Benar saja, saat Tim Pusinfo melakukan pemantauan acara, tampak para peserta vaksin datang secara bertahap sehingga tidak terjadi penumpukan peserta yang menyebabkan kerumunan. Pengaturan alur vaksinasi dilaksanakan secara ketat oleh panitia, sehingga peserta vaksin tetap berada pada posisi menjaga jarak dan tertib protokol kesehatan.

Panitia juga menerapkan kebijakan bahwa peserta vaksin diharapkan menggunakan identitas hasduk pramuka, alhasil tampak seluruh peserta vaksin dari masyarakat umum tampak bak seorang Pramuka yang berpakaian bebas rapi.

Pak Slamet salah satu peserta vaksinasi asal Polehan yang usianya mencapai 85 tahun saat ditemui oleh Tim Jurnalis Kwarda Jatim menyampaikan, “Alhamdulillah sudah divaksin, semoga saya tidak kena covid-19, pakai hasduk seperti Pramuka, maturnuwun (terima kasih) Pramuka” kata beliau.

Peserta Vaksinasi, Pak Slamet, berusia 85 Tahun

Hadir pada acara ini untuk meninjau dan monitoring pelaksanaan kegiatan Ketua DPRD Kota Malang, Kak I Made Riandiana Kartika dan juga Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, dr. Husnul. Bahkan Kak Made (sapaan Ketua DPRD Kota Malang), yang juga merupakan alumnus Jambore Nasional Pramuka ’86 ini juga berkesempatan untuk mengikuti Upacara Virtual Peringatan Hari Pramuka yang diselenggarakan oleh Kwarda Pramuka Jawa Timur berdampingan dengan Ketua Kwarcab dan beberapa andalan cabang di Aula Pusdiklatcab.

Kunjungan Kepala Dinkes, Ketua DPRD kepada salah satu peserta vaksinasi

Pasca upacara virtual selesai, Kak Made bersama Ka Kwarcab melaksanakan pemberian santunan untuk anak yatim. Kak Made juga berkesempatan untuk menyapa dan momotivasi panitia dan peserta yang merupakan warga masyarakat Kota Malang untuk mensukseskan vaksinasi ini. Beliau juga memuji kinerja panitia yang tampak berhasil melaksanakan kegiatan dengan tertib serta sesuai protokol kesehatan.

Ketua Kwarcab beserta Ketua DPRD Kota Malang dan jajaran Pengurus Kwarcab mengikuti Upacara Virtual Peringatan Hari Pramuka ke-60 Kwarda Jatim

Sementara itu, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Malang selaku Penanggungjawab Acara saat diwawancarai oleh Tim Jurnalis Kwarda Jatim menyampaikan, “Alhamdulillah, berkat kerjasama yang baik antara panitia dan juga pihak-pihak terkait, insyaAllah acara ini terlaksana sesuai rencana dan harapan”, ujarnya.

“Kita sukseskan Program Kwarda Jatim, 60.000 vaksinasi dengan mengambil bagian 1.000 target vaksin”, tambahnya. “Vaksinasi ini juga merupakan bakti kami untuk Masyarakat Kota Malang dalam rangka upaya membentuk kekebalan komunal agar kita segera terbebas dari dampak pandemi covid-19 ini”, imbuhnya di akhir wawancara.

Penulis : Rahmadani
Tim Jurnalis Kwarda Jatim – Pusinfo Kwarcab Kota Malang

Editor : Achmat Maskurochman, S.Pd., MM.
Humas Kwarda Jatim

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

admin

Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pendidikan Kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggungjawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan serta membangun dunia yang lebih baik. Pendidikan Kepramukaan dijalankan dengan menggunakan prinsip dasar dan metode kepramukaan. Salah satu metode kepramukaan yaitu sistem among dan kiasan dasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *