Apel Hari Pramuka Ke-60 Kwarcab Kota Malang dengan Prokes Ketat

Sabtu, 28 Agustus 2021 bertempat di Lapangan Pusdiklatcab Pramuka Kota Malang, Kwarcab Pramuka Kota Malang selenggarakan Apel Peringatan Hari Pramuka ke-60 Tahun 2021. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat karena berlangsung di tengah pandemi covid-19.

Peserta Apel Peringatan Hari Pramuka Ke-60 Kwarcab Kota Malang, diikuti anggota Pramuka dengan protokol kesehatan yang ketat

Selain dilaksanakan dengan menghadirkan peserta dan undangan upacara yang terbatas, Panitia Apel juga mempersiapkan agar apel ini dapat diikuti secara virtual baik melalui zoom meeting maupun live stream dengan kanal youtube Kwarcab Kota Malang. Alhasil, anggota Pramuka Kota Malang baik dari unsur ranting maupun gugus depan tetap dapat mengikuti acara ini secara virtual dari rumah maupun pangkalan masing-masing.

Bertindak sebagai Pembina Apel, Wakil Ketua Mabicab Kota Malang, Kak Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko. Dalam amanat apelnya Kak Sofyan Edi, yang juga merupakan Wakil Walikota Malang ini membacakan sambutan dari Kak Komjen Pol. (Purn.) Drs. Budi Waseso, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Pada Peringatan Hari Pramuka ke-60.

Kak Sofyan Edi Wakil Walikota Malang menjadi Pembina Apel Peringatan Hari Pramuka Ke-60 Kwarcab Kota Malang

Kak Sofyan Edi menegaskan isi sambutan tersebut yang menjadi tema peringatan Hari Pramuka ini yaitu bahwa Pramuka harus terus berbakti tanpa henti. Diantaranya adalah menjadi pelopor dalam menjadi agen perubahan perilaku, mengajak dan menjadi contoh masyarakat untuk memasuki adaptasi kebiasaan baru, disiplin dan peduli dalam memenuhi protokol kesehatan agar segera terbebas dari pandemi covid-19.

“Tetap berkegiatan kepramukaan akan menumbuhkan semangat, yang juga meningkatkan imunitas kita. Hal yang juga penting dalam menjaga kesehatan kita, terutama di masa pandemi Covid-19 ini. Mari kita peringati 60 Tahun Gerakan Pramuka ini dengan tetap bersemangat, tetap berusaha hidup sehat dengan mematuhi protokol kesehatan, dan tetap berusaha membantu mereka yang memerlukan pertolongan kita. Jangan pernah menyerah serta berputus asa. Melainkan kita tunjukkan bahwa pramuka dapat terus bergiat dan berbakti tanpa henti” ucapnya yang merupakan baris terakhir dari sambutan yang dibacakannya.

Turut hadir mendampingi Kak Sofyan Edi dan duduk berjarak di podium kehormatan pembina apel diantaranya, Pimpinan Komisi D DPRD Kota Malang, Kak. H. Wanedi (Ketua Komisi), Kak Abdul Wahid (Wakil Ketua Komisi), Kak H. Rokhmad (Sekretaris Komisi) Kak Amithya R. S. (Anggota Komisi), serta Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Malang, Kak Ida Ayu.

Sementara itu beberapa undangan lain juga tampak hadir duduk dengan pengaturan jarak di tenda undangan antara lain para Ketua Kwarran, Pimpinan Saka, Kapolsek setempat, Perwakilan Gugus Darma serta para orang tua peserta didik dan perwakilan gudep penerima penghargaan.

Penyematan Tanda Penghargaan Lencana Pramuka Garuda oleh Wawali Kota Malang kepada perwakilan Pramuka Siaga, Penggalang dan Penegak

Dalam acara Apel ini diserahkan Penghargaan Pramuka Garuda kepada 36 anggota muda se-Kwarcab Kota Malang yang terdiri dari 5 orang anggota siaga, 30 orang anggota penggalang serta 1 orang anggota penegak.

Diserahkan juga Penghargaan Gugus Depan unggul kepada Juara 1 dan 2 Gudep Unggul Kategori Pangkalan SMP yaitu SMP Negeri 4 dan SMP Negeri 5 Malang serta Juara 1 dan 2 Gudep Unggul Kategori Pangkalan SD yaitu SDN Gadang 4 dan SDN Kebonsari 3. Disamping itu diserahkan pula hadiah Kejuaraan Lomba Pioneering yang juga diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Pramuka.

Penyerahan Tunggul Gudep Unggul oleh Ketua Komisi D DPRD Kota Malang kepada pemenang

Saat tim jurnalis mewawancarai Kak Sofyan Edi, beliau berpesan, “Pramuka adalah bentuk pendidikan karakter bagi generasi bangsa, untuk itu saya minta kepada segenap pengurus dan anggota Pramuka untuk tetap semangat berkegiatan, membantu masyarakat, menjadi contoh mengajak tertib protokol kesehatan”.

Wawancara tim Jurnalis Kwarda Jatim kepada Wakil Wali Kota Malang Kak Sofyan Edi, didampingi Ketua Kwarcab Kota Malang Kak Heri Sunarko dan jajaran pengurus Kwarcab

Acara apel ini diawali dengan defile dan atraksi formasi baris-berbaris dan gerak bendera oleh pasukan apel yang seluruhnya merupakan penerima penghargaan pramuka garuda. Di akhir apel, para tamu undangan diajak untuk melihat hasil karya lomba pioneering yang telah disiapkan dalam bentuk pameran di ruang Aula Pusdiklatcab Kota Malang.

Defile dan atraksi formasi baris-berbaris dan gerak bendera oleh pasukan apel sekaligus penerima penghargaan Pramuka Garuda

Sementara itu, Ketua Komisi D DPRD Kota Malang, Kak Wanedi, berharap Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Malang terus bersinergi dengan lembaga di Kota Malang, DPRD Komisi D akan mendukung pengembangan kepramukaan.

“Komisi D siap membantu dan mendukung pengembangan kegiatan kepramukaan di wilayah Kwarcab Kota Malang, Kami harap sinergi antara Kwarcab dan Dewan dapat tetap terjalin dan terbangun di masa yang akan datang” ujarnya.

Penulis : Rahmadani, Pusinfo Kwarcab Kota Malang, Jurnalis Kwarda Jatim

Redaktur : Achmat Maskurochman, S.Pd., MM. Humas Kwarda Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *