Pramuka Bojonegoro Menjadi Relawan Vaksinasi Massal

Sebanyak 19 orang Pramuka Penegak Pandega berpartisipasi sebagai relawan dalam program vaksinasi massal 5.000 dosis, Minggu (22/8/2021) di Mapolres Bojonegoro. Para relawan pramuka ini bertugas memasukkan (input) data peserta vaksin.

Sehari sebelumnya, para relawan Pramuka Bojonegoro mendapatkan pelatihan dan simulasi dari bagian urkes Polres Bojonegoro. Para peserta dibekali cara masuk aplikasi dan entri data dengan menggunakan laptop masing masing. Relawan Pramuka Bojonegoro sangat antusias saat mengikuti  pelatihan.

Tujuan melibatkan adik adik Pramuka sebagai relawan adalah sebagai proses pendidikan, pembelajaran dan pengalaman pada anggota pramuka untuk pengabdian diri pada masyarakat. Sesuai tema peringatan Hari Pramuka tahun ini “Berbakti Tiada Henti”.

Menurut Aipda Agung Basuki, A.Md Kep., SH., MM., kepala urusan kesehatan Polres Bojonegoro, alasan melibatkan Pramuka Bojonegoro dalam kegiatan vaksinasi massal adalah ingin mengajak pramuka melaksanakan darma pramuka yang sejalan dengan jiwa polri, yaitu Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan.

“Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi karya bhakti pramuka bagi masyarakat dalam masa pandemi COVID-19,” kata Aipda Agung Basuki, A.Md Kep., SH., MM., kepala urusan kesehatan Polres Bojonegoro.

Salah seorang relawan, Silva Triana Dewi, selaku wakil ketua DKC (Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega Kwarcab) Bojonegoro, mempunyai kesan yang luar biasa. Menurutnya, ini adalah pengalaman baru.

“Input data vaksin termasuk mencoba hal yang baru. Alhamdulillah dengan ikhlas bakti untuk negeri. Senang dan bangga bisa menjadi relawan vaksinasi massal bersama Polres Bojonegoro karena jarang sekali kita mengikuti kegiatan kemanusiaan bersama Polres Bojonegoro,” tutur Silva Triana Dewi.

Penulis: Said Edy Wibowo, Humas Kwarcab Bojonegoro

Penyunting: Mochamad Zamroni

admin

Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pendidikan Kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggungjawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan serta membangun dunia yang lebih baik. Pendidikan Kepramukaan dijalankan dengan menggunakan prinsip dasar dan metode kepramukaan. Salah satu metode kepramukaan yaitu sistem among dan kiasan dasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *