BAKTI TANPA HENTIBERITA UTAMAGUGUS DEPANKEGIATAN

Kegiatan Lokakarya Bela Negara Perguruan Tinggi Kwarda Jatim

Swiss Belinn, 27 Desember 2021. Kegiatan Lokakarya Bela Negara Perguruan Tinggi Kwarda Jatim dilaksanakan di Hotel Swiss Belinn yang diikuti 76 peserta dari unsur pembina dan pandega Perguruan Tinggi se-Jawa Timur. Kegiatan ini bertujuan untuk melahirkan pramuka produktif di Perguruan Tinggi berbasis belanegara.
Gugus depan Perguruan Tinggi diharapkan menjadi pelopor pramuka produktif melalui Lokakarya Bela Negara. Selain itu yang akan dicapai dari kegiatan ini adalah menghasilkan rancangan desain pembinaan dan kegiatan pramuka produktif bagi Racana dan Pandega berbasis bela negara. Target akhir kegiatan ini adalah lahir dan terekrutnya kader-kader bela negara dari Gudep Perguruan Tinggi di Jawa Timur.
Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Ketua Harian Kwartir Daerah Jawa Timur, Prof. Dr. Suyatno, M. Pd. Dalam sambutannya beliau mengajak para pembina dan pandega untuk memperbaiki pendidikan Kepramukaan di Gudep Perguruan Tinggi. Beliau juga menyampaikan bahwa titik akhir Pendidikan Kepramukaan ada pada pandega. Lulusan pandega harus siap berdayaguna, siap berkarya dan berinovasi, siap bermasyarakat dan siap berumah tangga.
Jika siaga dan penggalang kurang maximal pembinaannya maka bisa diperbaiki saat penegak, begitu juga saat penegak pembinaannya kurang maximal maka bisa diperbaiki saat pandega.
Masa pandega merupakan titik akhir masa pendidikan kepramukaan sehingga pembinaannya harus sudah pada titik PRODUKTIF.
Kak Prof. juga menyampaikan bahwa ada 3 tahap belajar yaitu:
1. Reacting: mereaksi keadaan
2. Learning: membuka, mengaitkan (siapa, apa, dimana)
3. Behavioring: mengelompokkan, mengidentifikasi, mengevaluasi, membandingkan
4. Performing: Mewujudkan, produktif
Pandega itu harus bisa:
1. Sumbut ( sesuai dan mampu)
2. Gayut (connecting/terhubung)
3. Sambut (transformasi para pandega di lapangan)
4. Patut ( layak, patut diteladani dan mempunyai tk keterukuran)
“Jangan Takut Berinovasi” Itulah pesan Kak Yatno pada para pandega sehingga nantinya produk yang dihasilkan tidak sebatas deskriptif namun sudah sampai pada performing.
Tahun 2022-2024 diharapkan sudah ada pada titik performing sehingga tahun 2024 bisa terselenggara Gelar performing/ festival karya inovasi para pandega se-Jawa Timur.
Ada 3 Materi yang disampaikan pada Kegiatan Lokakarya Bela Negara Perguruan Tinggi Kwarda Jatim:
1. Pramuka Produktif Kwarda Jatim oleh Kak Prof. Dr. Suyatno, M.Pd., Wakil Ketua Harian Kwarda Jatim
2. Desain Pembinaan Pandega Produktif Berbasis Bela Negara oleh Kak Boedi Utomo/ Ganet, Andalan Nasional Urusan Bela Negara.
3. Urgensi Bela Negara bagi Pandega Gudep Perguruan Tinggi, oleh Kak Rahman Widohardono, M.Psi., Andalan Daerah Bid. Puslitbang.
4. Lokakarya Bela Negara Gugusdepan Perguruan Tinggi, oleh Kak Dr. Zamzami Sabiq H, M.Psi., Waka Kwarda Bid. Bela Negara dan Perguruan Tinggi.
Di akhir kegiatan, hasil Lokakarya berupa:
1. Rumusan desain pembinaan pandega berbasis bela negara
2. Rumusan desain kegiatan pandega berbasis bela negara
Kegiatan ini akan secara berkelanjutan dilaksanakan oleh Kwarda Jatim sampai terbentuk kader-kader bela negara yang produktif, adanya banyak pelopor Pramuka Produktif.
Surabaya, 27 Desember 2021
Humas Kwarda Jatim

What's your reaction?

Related Posts

1 of 79

Leave A Reply

Your email address will not be published.