Studi Tiru Kwarcab Kota Balikpapan Ke Kwarcab Kota Malang

Jum’at, 10 Desember 2021, Kwarcab Kota Malang menerima kunjungan kerja dari Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Balikpapan, Kwarda Kalimantan Timur. Sejumlah 26 orang anggota rombongan tiba di Aula Pringgondani Kwarcab Kota Malang sekitar pukul 14.30 WIB dan langsung disambut oleh Jajar Penghormatan Penegak Gabungan anggota Brigade Penolong 1332 dan Dewan Kerja Cabang Kota Malang. Selain itu, penampilan tari dari anggota Pramuka Berkebutuhan Khusus (PBK) SLB Bhakti Luhur juga menyambut kedatangan para rombongan di awal pembukaan acara.

Setelah anggota rombongan yang terdiri dari Andalan Cabang, Dewan Kerja serta beberapa perwakilan andalan ranting di Kota Balikpapan ini duduk di tempat yang telah disediakan acara berlanjut dengan sambutan selamat datang yang secara langsung disampaikan oleh Ketua Kwarcab Kota Malang, Kak. Drs. Heri Sunarko, M.Si. Dalam sambutannya beliau mengucapkan selamat datang bagi Kakak-Kakak Pengurus Pramuka Bumi Borneo di Bumi Arema, Kota Malang. Ucapan terima kasih dan penghargaan juga disampaikan atas terpilihnya Kota Malang sebagai tujuan dilakukannya kunjungan kerja rombongan ini dengan tajuk “Studi Tiru”. Untuk diketahui bahwa kunjungan ini merupakan upaya dari Kwarcab Kota Balikpapan yang ingin mempelajari dan “meniru” keberhasilan Kwarcab Kota Malang menjadi bagian dari upaya pemutusan mata rantai penyebaran covid-19 di Kota Malang. Tak lupa, dalam sambutan singkatnya, Kak Heri, sapaan akrab Ka Kwarcab Kota Malang, mengajak rombongan dan segenap tamu undangan yang hadir untuk menyaksikan video berisi kiprah Kwarcab Kota Malang dalam setiap penanggulangan bencana daerah termasuk bencana pandemi covid-19. Tampak seluruh yang hadir di Aula khususnya rombongan Kwarcab Kota Balikpapan dengan antusias dan penuh perhatian menyaksikan video profil bertema Kwarcab Pramuka Kota Malang Peduli tersebut hasil karya Tim IT Kwarcab Kota Malang.

Selanjutnya, pada kesempatan sambutannya, pimpinan rombongan Kwarcab Kota Balikpapan, Kak Budi, S.Pd.I. menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kwarcab Kota Malang atas segala upaya penyambutan rombongan yang cukup berkesan. Beliau menyampaikan tujuan kedatangan rombongan adalah ingin secara langsung mengetahui kiprah Pramuka Kota Malang dalam menjadi bagian dari upaya menangani dampak pandemi covid-19. “Dari tayangan video tadi saja, kami sudah cukup yakin, bahwa tak salah kami pilih Kota Malang sebagai tujuan studi tiru kami” ucapnya. “Banyak hal yang bisa kami dapat dari sini, tak salah pula Kwarda Jatim memberi informasi bahwa Kwarcab Kota Malang memiliki grafik kegiatan yang tertinggi di Jawa Timur”, tambah pria yang merupakan Sekretaris Kwarcab Kota Balikpapan ini. Selanjutnya beliau berkata bahwa akan membawa hal-hal positif yang diperolehnya saat kunjungan ini ke Kota Balikpapan khususnya membangun sinergitas antara Pemerintah Daerah, Kwartir Cabang dan masyarakat. “Kami juga akan merintis kehadiran Brigade Penolong di Kwarcab imbuhnya”.

Setelah sambutan-sambutan, acara dilanjutkan dengan diskusi bertema upaya-upaya Pramuka dalam penanganan bencana khususnya pandemi serta peningkatan peran Pusdiklat dan Pusinfo dalam pengembangan Kwartir Gerakan Pramuka. Di akhir acara, Ketua Kwarcab Kota Malang secara khusus memberikan penghargaan berupa Brevet Satgas Covid-19 kepada seluruh anggota rombongan atas segala pengabdiannya sebagai bagian dari relawan covid-19 yang membantu penanganan dampak pandemi di Kota Balikpapan. Tak lupa cindera mata bernuansa tunas kelapa, bunga lily (lambang WOSM) dan Topeng Malangan diserahkan sebagai kenang-kenangan bagi rombongan.

Penulis : Rahmadani, Tim Jurnalis Kwarda Jatim – Pusinfo Kwarcab Kota Malang.

Author : Humas Kwarda Jatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *