Workshop Pramuka Garuda Kwarda Jatim, Wujudkan Anggota Pramuka Berkualitas

Surabaya, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur selenggarakan kegiatan Workshop Pencapaian Pramuka Penegak dan Pandega Garuda pada Senin – Selasa, 27 – 28 Desember 2021 di Surabaya Suites Hotel, yang diikuti oleh Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega se Jawa Timur dengan jumlah keseluruhan 76 orang.

Kegiatan dibuka oleh Kak Endang Soelistyowati, S.Pd., S.ST., M.Kes Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Muda Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur. Dalam sambutannya, Kak Ulis menyampaikan tentang maksud dan tujuan dari pelaksanaan kegiatan yaitu sebagai sarana proses pendidikan bagi anggota Pramuka.

“Workshop ini sebagai sarana proses pendidikan bagi peserta didik dan pelatihan bagi anggota dewasa yang teratur, berkesinambungan dan berjenjang untuk meningkatkan kinerja anggota gerakan pramuka” ujarnya.

“Selain itu juga sebagai sarana pembekalan dan pemberdayaan anggota gerakan pramuka dalam berbagai  kegiatan peserta didik, serta pelatihan bagi anggota dewasa” imbuhnya.

Lebih lanjut Kak Ulis menegaskan “Kegiatan workshop kali ini dalam rangka meningkatkan kemampuan dan keterampilan, agar dapat melaksanakan perannya di  lingkungan Gerakan Pramuka, serta meningkatkan jumlah anggota Pramuka Garuda  Penegak dan Pandega di Jawa Timur’’

“Gerakan Pramuka, senantiasa memberikan penghargaan berupa tanda kecakapan kepada setiap anggotanya yang berprestasi sebagai manifestasi dari metode kepramukaan” pungkasnya.

Salah satu penghargaan Gerakan Pramuka adalah Pramuka Garuda, sebagai bentuk kiasan dasar lambang kehormatan, kemandirian, kekuatan, yang diharapkan dapat memberikan kebanggaan bagi peserta didik.

Kak Ulis berpesan “Pramuka Garuda adalah seseorang anggota muda Gerakan Pramuka telah mencapai kecakapan dan penghargaan tertinggi pada setiap jenjang pendidikan kepramukaan. baik siaga, penggalang, penegak, maupun pandega”.

“Pramuka Garuda bertujuan memberikan motivasi kepada peserta didik agar senantiasa mengamalkan darma pramuka, meningkatkan kualitas dirinya terus menerus, dan menjadi teladan bagi sesama anggota gerakan pramuka dan masyarakat luas” ungkapnya

“Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur memiliki harapan besar, agar kegiatan ini dapat menjadi motivasi adik-adik untuk mencapai pramuka garuda dan menjadi teladan bagi masyarakat” Kak Ulis mengakiri sambutannya.

 

Humas Kwarda Jatim (R)

Jalan Ray Kertajaya Indah 77A Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *