BAKTI TANPA HENTIBERITA UTAMABRIGADE PENOLONGKEGIATANPELANTIKAN

Bupati Situbondo Dilantik Sebagai Ketua Mabicab Gerakan Pramuka

Situbondo – Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur, Kak H. M. Arum Sabil, SP melantik Mabicab, Kwarcab, dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwarcab Gerakan Pramuka Situbondo pada Kamis (10/2/2022). Pelantikan tersebut digelar di Pendopo Manggala Praja Nugraha Kabupaten Situbondo.

Selain pengurus yang dilantik, hadir Forkopimda, Organisasi Perangkat Daerah, dan Kwartir Ranting di wilayah Kabupaten Situbondo.

Dalam sambutannya, Kak Arum Sabil menyampaikan bahwa Gerakan Pramuka adalah gerakan pendidikan kepramukaan Indonesia yang terbuka untuk semua anak Indonesia.

“Gerakan Pramuka adalah gerakan pendidikan kepramukaan Indonesia yang terbuka untuk semua anak Indonesia. Gerakan Pramuka bertujuan untuk penguatan karakter, pembangunan kebangsaan, dan penciptaan kecakapan hidup” kata Kak Arum Sabil mengawali sambutan.

“Gerakan Pramuka yang memiliki tujuan sangat mulia, harus dikelola dengan baik dan profesional serta melibatkan semua pihak untuk mengantarkan kaum muda Indonesia menjadi generasi yang lebih baik” imbuhnya.

“Kami sangat yakin, pengurus dan anggota yang dilantik akan berkomitmen untuk menjalankan tugas dalam rangka memberikan bantuan ketersediaan tenaga, dana, dan fasilitas untuk pendidikan kepramukaan di Kabupaten Situbondo,” ujar kak Arum yang aktif dalam pengembangan Saka Taruna Bumi Jawa Timur.

Selain itu, kak Arum juga menyampaikan bahwa Kwarda Jatim mengajak Kwarcab Situbondo untuk ambil bagian dalam mengembangkan Pramuka Produktif di Jawa Timur.

“Kami sampaikan juga, bahwa Kwarda Jawa Timur selama lima tahun ke depan, akan fokus membangun jiwa wirausaha peserta didik untuk ikut terlibat aktif dalam pembangunan ketahanan pangan nasional” paparnya.

Dengan demikian, imbuh kak Arum, diharapkan Pramuka Produktif dapat membangkitkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Mari kita saling bahu-membahu dan bersinergi dengan pemerintah untuk membantu memulihkan ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19,” ajak kak Arum.

Kak Arum Sabil menambahkan “Pendidikan karakter tentu harus terus dikembangkan oleh Gerakan Pramuka, tetapi Gerakan Pramuka juga harus tetap peduli terhadap keadaan masyarakat dan lingkungan dengan bebrbagai program nyata yang menyentuh dan berdampak langsung bagi masyarakat. Setiap insan Pramuka harus selalu siap sedia menjadi duta protokol kesehatan baik di lingkungan keluarga, tempat kegiatan dan masyarakat”.

Lebih lanjut Kak Arum Sabil berpesan bahwa kebutuhan pangan dan energi menjadi penting dan konsen yang harus disiapkan sejak sekarang.

“Data pertumbuhan penduduk dunia saat ini mencapai 8 Milyar jiwa, mungkin beberapa tahun kedepan penduduk di bumi ini bisa mencapai 10 Milyar lebih. Sementara penduduk di Indonesia saat ini mencapai 270 Juta Jiwa. Kedepan persoalan yang paling serius yang akan dihadapi oleh penduduk di muka bumi ini bukan persoalan virus, namun persoalan pangan dan energi.

Oleh karena itu tambah Kak Arum “Karena penduduk Indonesia yang terus bertambah sementara lahan terus berkurang karena untuk memenuhi kebutuhan manusia. Maka situasi ini harus kita hadapai dan anggota Pramuka harus kita siapkan dengan baik”.

Kak Arum Sabil menerangkan bahwa kebutuhan akan pangan tidak hanya soal peternakan, pertanian dan perkebunan saja.

“Saat ini dunia tidak hanya membutuhkan pertanian, peternakan, dan perkebunan dapat kita kembangkan dengan adanya inovasi. Gerakan Pramuka adalah gudangnya inovasi. Salah satu contoh bagi mereka yang tidak punya lahan, dapat juga mengambil peran. Perannnya dengan menciptakan penemuan untuk peningkatan produktifitas, dengan kontinuitas untuk masa depan” kata Kak Arum Sabil yang juga aktif dalam pengembangan Saka Taruna Bumi Jawa Timur.

“Energi terbarukan sebagai contoh energi matahari bisa ditangkap solar cell. Anggota Pramuka di Jawa Timur dapat melakukan hal tersebut. Program-program Pramuka Produktif harus kita siapkan” jelasnya mengakhiri sambutan

 

Humas Kwarda Jatim (R)

Related Posts

1 of 88

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *