BERITA UTAMAKWARTIR CABANG

Ketua Kwarcab Kota Malang Lantik Pengurus Pergantian Antar Waktu

Minggu, 24 April 2022, bertempat di Aula Pringgondani Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Malang, Ketua Kwarcab Kota Malang, Kak Drs. Heri Sunarko, M.Si. melantik 3 orang Andalan Pergantian Antar Waktu (PAW) Kwarcab Kota Malang. Pergantian dan pelantikan Andalan PAW ini adalah pergantian kedua sepanjang kepengurusan Kwarcab Kota Malang Masa Bakti 2020-2025.

Dalam sambutannya, Kak Heri (sapaan akrab Ka Kwarcab) menyampaikan bahwa terdapat beberapa alasan sehingga harus dilakukan pergantian pengurus ini. Hal ini ditujukan terutama agar tidak terjadi stagnansi kepengurusan Kwarcab karena pengurus yang berhalangan.

“Kwarcab Kota Malang yang makin melesat membutuhkan keberlanjutan gerak pengurusnya, yang sudah berhalangan kami lakukan penyesuaian dengan mekanisme ini” ujarnya. Pergantian pengurus ini terlebih dahulu melalui mekanisme Rapat Koordinasi Pimpinan Kwarcab, termasuk mendengarkan masukkan dan pandangan dari Kwartir Ranting.

Adapun andalan Kwarcab yang di-PAW diantaranya, Kak Drs. Jeremias Torimtumbun sebagai Waka Kwarcab Bid. Keuangan dan Sarpras menggantikan Kak Misbachul Munir yang digeser ke posisi Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK). Selanjutnya ada nama Kak Mualimin yang sebelumnya merupakan anggota LPK dan kini bertugas sebagai Ancu Orkum menggantikan Kak Efka yang telah mengundurkan diri karena kesibukan profesi sebagai lawyer. Dan terakhir ada nama Kak Mohamad Lendra dari Kwarran Klojen sebagai Ancu Bela Negara menggantikan Kak Christian yang mengundurkan diri karena diterima sebagai ASN Kemenhub di Nabire, Papua.

Disamping pelantikan PAW Andalan Cabang, pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan Pengukuhan PAW Pengurus DKC Kota Malang. Sebanyak 11 Pengurus DKC dikukuhkan pada saat yang bersamaan dengan Pelantikan PAW Ancalan Cabang. Diantaranya Kak Gusti Eka sebagai Ketua DKC yang baru menggantikan Ketua DKC sebelumnya.

Selain pelantikan PAW Andalan Cabang dan PAW DKC, di saat yang sama Ketua Kwarcab melepas dan memberikan pengarahan kepada Anggota Pramuka Kwarcab Kota Malang yang menjadi bagian dari Gerakan Nasional Karya Bakti Pramuka. Sebagaimana diketahui, setiap tahunnya secara rutin anggota Pramuka menjadi bagian dalam Program Pemerintah, membantu masyarakat yang melaksanakan mudik lebaran. Anggota Pramuka ini akan menjadi bagian dari Operasi Ketupat Semeru 2022 dibawah koordinasi Kepolisian Resor Malang Kota bersama dengan TNI dan instansi serta ormas lainnya. Kali ini Kwarcab Kota Malang menerjunkan tak kurang dari 40 orang anggota yang berasal dari unsur Satuan Karya Bhayangkara dan Brigade Penolong.

“Setelah mengikuti Apel Gabungan Gelar Pasukan di Balaikota beberapa waktu lalu, 40 adik-adik anggota kita akan bertugas secara bergantian dengan sistem shift di 2 Pos Pelayanan Kepolisian, Pos Sulfat dan Pos Stasiun Kota Baru” ujar Ka Kwarcab saat diwawancarai oleh Tim Jurnalis Kwarda Jatim. “Selebihnya, anggota lain kita siagakan dari unsur Saka Bhakti Husada (Dinkes), Saka Wira Kartika (Kodim) untuk dapat bertugas sewaktu-waktu bila dibutuhkan, Pramuka Kwarcab Kota Malang akan siap dan produktif dalam hal membantu masyarakat” tambahnya.

“Selamat bertugas adik-adik dan kakak-kakak, jadikan Pramuka bermanfaat dan hadir bagi masyarakat, selamat ber-Karya Bakti” ujarnya di akhir sambutannya didalam acara tersebut. Acara ditutup dengan kegiatan buka bersama dan shalat Maghrib berjamaah dengan tetap memenuhi protokol kesehatan.

 

Penulis
M. Rahmadani, Tim Jurnalis Kwarda Jatim – Pusinfo Kota Malang

Redaktur
Achmat Maskurochman – Humas Kwarda Jatim

 

Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pendidikan Kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggungjawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan serta membangun dunia yang lebih…

Related Posts

1 of 41

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *