BERITA UTAMAKWARTIR CABANG

Kwarcab Kota Malang Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Ratusan Pramuka ikuti Peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia pada Minggu pagi, 5 Juni 2022 di Alun-alun Kota Malang. Kegiatan dengan tajuk “Ngalam Resik” (Malang Bersih, red.) ini diselenggarakan oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Malang bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkot Malang.

Bergabung dengan puluhan Kader Lingkungan Kota Malang dan sekitar 1 peleton Petugas Kebersihan dari DLH, anggota Pramuka yang berasal dari SD, SMP, SMA/SMK hingga Perguruan Tinggi di Kota Malang ini tampak antusias dan penuh semangat mengikuti rangkaian kegiatan. Tampak juga mengikuti acara ini 2 regu anggota Kepanduan Muhammaddiyah (Hizbul Wathan) dari SMK Muhammadiyah. Acara diawali dengan senam bersama anggota Pramuka dan masyarakat serta wisatawan pengunjung Alun-alun mulai pukul 06.00 WIB. Selanjutnya tepat pukul 07.00 WIB, seluruh anggota Pramuka yang hadir, Kader Lingkungan dan Petugas DLH berbaris dengan rapi guna mengikuti Apel Peringatan HLH. Bertindak sebagai Pembina Apel adalah Kak Drs. Wasto, S.H., M.H., Pembina Kader Lingkungan yang juga mantan Sekretaris Daerah Kota Malang.

Dalam sambutannya, Kak Wasto, memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada para anggota Pramuka Kota Malang. “Sebagai bagian dari generasi millenial, anggota Pramuka yang hadir di sini adalah contoh yang membanggakan bagi bangsa Indonesia dan Kota Malang pada khususnya, bahwa generasi penerus kita juga memiliki kesadaran untuk menjaga lingkungan”, ujar Beliau. “Organisasi Pramuka, adalah organisasi yang terus eksis dalam membina generasi penerus bangsa, hadir dan terus bermanfaat dalam kehidupan masyarakat”, sambungnya. “Ayo adik-adik Pramuka, suatu saat nanti kalian jadi birokrat, jadi pengusaha, apapun cita-citanya, tetaplah ingat hari ini, kita harus selalu menjaga lingkungan kita”, pungkas beliau di akhir sambutannya.

Seusai Apel, seluruh peserta yang hadir langsung bergerak melaksanakan acara inti peringatan HLH tahun ini yaitu membersihkan area alun-alun Kota Malang dan sekitarnya. Tampak seluruh anggota Pramuka memadati alun-alun Kota Malang berbaur dengan Kader Lingkungan, Petugas DLH dan juga sebagian masyarakat pengunjung Alun-alun bergerak secara teratur membersihkan area Alun-alun. Mulai dari menyapu, memungut beberapa sampah yang terlihat berserakan serta membersihkan sarpras alun-alun yang nampak kotor. Selanjutnya sampah organik dan non-organik yang terkumpul tetap dipilah dan dikumpulkan untuk kemudian diserahkan kepada DLH penanganannya. “Benar-benar acara yang bermanfaat dan menyenangkan bagi adik-adik Pramuka setelah hampir 2 tahun masa pandemi kita tidak berkumpul seperti ini”, ujar Kak Fu, salah satu pembina yang ikut mendampingi peserta saat ditemui tim Jurnalis.

Di akhir acara, Panitia Kwarcab kembali mengumpulkan seluruh anggota Pramuka yang masih ada di lokasi untuk berkumpul dan mendengarkan sambutan penutup yang disampaikan secara langsung oleh Ketua Kwarcab Kota Malang, Kak Drs. Heri Sunarko, M.Si. “Kami berterima kasih kepada adik-adik beserta seluruh Kakak Pembina yang telah turut berpartisipasi mensukseskan acara ini demi kebaikan lingkungan Kota Malang” ujar beliau dalam sambutannya. “Adik-adik dan seluruh Kakak-kakak yang hadir disini telah membuktikan bahwa, kita Pramuka, akan terus berbakti tanpa henti, mendarmakan satya kita, membaktikan darma kita” tambahnya sebagai penutup.

Tak lupa pada kesempatan ini panitia juga memperkenalkan Tim Kontingen Kota Malang yang akan mengikuti Jamnas 2022 kepada seluruh peserta yang hadir. Disamping itu, Panitia pelaksana juga menambahkan, ada hadiah bagi pengunggah dokumentasi kegiatan tersebut ke media sosial, dan akan dipilih dengan penilaian tertentu selama bertagar #kwarcab_kota_malang dan #pemkotmalang.

 

Penulis : Rahmadani, Pusinfo Kwarcab Kota Malang, Jurnalis Kwarda Jatim

Redaktur : Humas Kwarda Jatim

Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pendidikan Kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggungjawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan serta membangun dunia yang lebih…

What's your reaction?

Related Posts

1 of 34

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.