ARTIKEL PRAMUKATERBARU

KPD Kwarda Jatim Cetak Pelatih Produktif

KPD Kwarda Jatim Cetak Pelatih Produktif

Surabaya – Kwatir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur menggelar Kursus Pelatih Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KPD) pada 25-30 Juli 2022 untuk kali ke-3 di tahun 2022.

KPD Kali ini diikuti 115 peserta dari 35 kwarcab yang ada di Jatim. Artinya 3 kwarcab absen mengikuti KPD yaitu Ponorogo, Pamekasan, dan Kota Mojokerto. Ketidakhadiran mereka terkendala salah satunya karena bersamaan dengan pelaksanaan PPDB di sekolah-sekolah.

Selesai KPD III ini akan lahir pelatih pembina pramuka berijazah KPD dengan jumlah 300 lebih lulusan karena sebelumnya ada 2 kegiatan KPD yang dilaksanakan secara Mandiri di Januari dan Juni 2022.

Mereka lahir dari Bumi Argasonya Pusdiklatda Pramuka Jatim. Hal ini adalah kebanggaan tersendiri bagi Pramuka Jatim. Harapan para pelatih, lulusan KPD bukan hanya meningkat secara kuantitas tetapi juga meningkat secara kualitas.

Ada 2 tempat pelaksanaan kursus 25-27 Juli 2022 di Kwarda Jatim sebagai posko pembelajaran secara daring. 28 – 30 Juli 2022 dilaksanakan pembelajaran luring/tatap muka di Bumi Argasonya Pusdiklatda Jatim di Balongbendo Sidoarjo.

Pelaksanaan luring dilaksanakan dengan cara berkemah dengan menggunakan tenda dome masing-masing peserta.

Seperti yang diharapkan saat pembukaan oleh Ketua Harian Kwarda Jatim Kak Prof. Dr. Suyatno, M.Pd bahwa pelatih yang lahir dari Jawa Timur dari Bumi Argasonya bukan pelatih berkelas deskriptif yang hanya memiliki kemampuan memindahkan / menjelaskan informasi yang ada di buku kepada pembina.

“Pelatih Jawa Timur bukan hanya mampu menjelaskan informasi yang ada di buku kepada para pembina, namun pelatih lulusan Argasonya minimal ada di kelas preskriptif artinya pelatih yang memiliki kemampuan membuat pembaharuan untuk perkembangan gerakan pramuka yang lebih baik” Kata Kak Yatno saat membuka kegiatan.

 

Pewarta : Kak Nurhayati Pelatih Pusdiklatda Jatim

Redaktur :Humas Kwarda Jatim

What's your reaction?

Related Posts

1 of 13

Leave A Reply

Your email address will not be published.