BERITA UTAMATERBARU

Gubernur Khofifah Lepas Kontingen Daerah Jatim ke Jamnas XI

Surabaya – Peserta Jambore Nasional (Jamnas) XI Kontingen Daerah Jatim resmi dilepas oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Kwarda Jatim di Halaman Gedung Negara Grahadi pada Rabu (3/8/2022).

Dalam acara tersebut dihadiri OPD Provinsi, Pengurus Kwarda Jatim, LPK Kwarda Jatim, Pembina Pendamping Jamnas, dan Perwakilan Peserta Jamnas.

Ketua Kwarda Jatim, Kak H. M. Arum Sabil, SP., dalam laporannya menyampaikan bahwa Jamnas XI akan dilaksanakan selama satu minggu, mulai 14 s.d 21 Agustus 2022 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur.

“Dalam kegiatan Jambore XI, Kontingen Daerah Jatim memberangkatkan 702 orang. Dengan rincian 608 pramuka penggalang, 4 pramuka berkebutuhan khusus, 80 pembina pendamping, dan 10 pimpinan kontingen,” papar Kak Arum.

Selain itu, Ketua Kwarda Jatim juga menyampaikan pesan kepada para peserta Jamnas XI bahwa mereka adalah cermin dari pramuka di Jawa Timur. Oleh karena itu, setiap perwakilan dari Kontingen Daerah Jawa Timur harus menjunjung tinggi kode kehormatan Gerakan Pramuka.

“Adik-adik, di manapun kalian berada tetap amalkan serta junjung tinggi Tri Satya dan Dasa Darma. Jadilah teladan dalam kebaikan. Raihlah kemenangan tanpa harus merendahkan !,” ucapnya.

Lebih lanjut, Kak Arum juga menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Jawa Timur yang telah memberikan ruang dan kesempatan bagi anggota pramuka, salah satunya di bidang pertanian, agribisnis, pelestarian alam, dan kemanusian.

“Atas nama keluarga besar Kwarda Jatim mengucapkan terima kasih kepada Kakak Kambida atas kesempatan yang luar biasa. Hal tersebut merupakan bukti nyata dari pengamalan Dasa Darma Pramuka, khususnya pada poin ke-2, ‘Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia'”, ujar Kak Arum.

Gubernur Jatim Kak Khofifah Indar Parawansa menyampaikan bahwa Jamnas XI yang akan datang, Kontingen Daerah Jatim membawa dan menjunjung misi kemanusiaan, misi perdamian, dan misi tolong menolong.

“Kita bertemu saudara kita dari 34 provinsi dan beberapa pandu dari negara lain. Jadi bawalah pesan Bhineka Tunggal Ika. Perbedaan adalah suatu kekuatan yang dapat membangun persatuan NKRI,” ujar Kak Khofifah.

Kepada Ketua Kontingen, Kak Khofifah menitipkan seluruh peserta Jamnas XI Kontingen Daerah Jatim. Selain itu, pihaknya juga berpesan untuk dapat mengharumkan nama Jawa Timur, Bumi Majapahit.

“Semoga diberikan kelancaran dan kesuksesan. Selamat bertemu dengan peserta Jamnas dari berbagai daerah. Bawalah kebanggaan untuk Jawa Timur !,” tandas Kak Khofifah.

Silvi Nuryana

Redaktur : Achmat Maskurochman
Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pendidikan Kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggungjawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan serta membangun dunia yang lebih…

What's your reaction?

Related Posts

1 of 35

Leave A Reply

Your email address will not be published.